Sabtu, 01 Februari 2014

SM Entertainment

S.M. Entertainment adalah perusahaan bakat utama, produser, dan penerbit musik pop Korea yang didirikan oleh Lee Soo Man

“SM” merupakan singkatan dari nama pendiri perusahaan ini, Lee Soo Man, tetapi kini merupakan singkatan dari Star Museum (Museum Bintang), karena kepopuleran penyanyi-penyanyi SM Entertainment di Korea Selatan. Perusahaan ini terkenal sebagai rumah grup-grup legendaris, seperti H.O.T.S.E.S., danShinhwa. SM Entertainment juga mempublikasi Avex Trax untuk artis Jepang seperti Ayumi HamasakiNamie Amuro dan Koda Kumi. Perusahaan ini sekarang menaungi beberapa artis seperti KangtaBoATVXQSuper JuniorGirls’ GenerationSHINeef(x)EXO, dan J-Min.


  • KANGTA
Ahn Chil-Hyun (Hangul: 안칠현) lahir 10 Oktober 1979 dengan nama panggung Kangta(Hangul: 강타). Ia adalah penyanyi pop dan R&B Korea Selatan. Pertama kali, ia menjadi pemimpin penyanyi di boyband H.O.T.dan menjadi penyanyi solo ditahun 2001.
Kangta ditemukan di Lotte World, ketika ia berumur 13 tahun. Ia debut menjadi penari pengganti Moon Hee Jun untuk penyanyi Yoo Young-jin. Kangta menjadi penyanyi bersama Moon Hee Jun dan tiga anggota lain, Jang Woo Hyuk, Tony An, dan Lee Jae Won bergabung menjadi H.O.T. ditahun 1996.
Ia adalah seorang penulis lagu dan komposer, telah menulis lebih dari 100 lagu untuk album H.O.T. dan untuk grup-grup lain seperti NRG dan Fly to the Sky. Ketika H.O.T. bubar pada tahun 2001, Kangta menjadi anggota pertama yang melakukan debut solo. ia merilis album solo pertamanya “Polaris”, lalu merilis album solo kedua yang berjudul “Pine Tree” ditahun 2002. Ia mengadakan konser di musim panas tahun 2003.
Pada tahun 2006, Kangta terpilih sebagai runner-up untuk Best Korean Singer, yang direkam di Arirang International Broadcasting. Sebuah pendapat dikeluarkan melalui internet, memungkinkan hanya orang luar Korea untuk memilih. Lagu Shinhwa “Once In A Lifetime” dimenangkan oleh 60% suara, mengalahkan Kangta, yang menduduki posisi kedua dengan 20,3%.

  • BoA
BoA (권보아 Kwon, Boa; lahir di Gyeonggi, Korea Selatan, 5 November 1986; umur 26 tahun) adalah penyanyi pop Korea Selatan. Album dan singel BoA dirilis dalam bahasa Korea dan Jepang. Selain fasih dalam kedua bahasa tersebut, BoA lancar berbahasa Inggris dan sedang mempelajari bahasa Mandarin. BoA pernah berkolaborasi dengan artis-artis seperti Mondo Grosso, Westlife, Palm Drive, m-flo, Soul’d Out, dan Howie Dorough dari Backstreet Boys.
Pada 14 Oktober 2008, dibawah label SM Entertainment USA, subdivisi dari SM Entertainment, BoA tampil di Amerika Serikat dengan singel “Eat You Up” dan merilis album bahasa Inggris pertamanya, BoA pada tanggal 17 Maret 2009.
Album kompilasi Best of Soul menjadikan BoA sebagai penyanyi Asia non-Jepang pertama yang albumnya laku lebih dari satu juta keping di Jepang. Semua album yang dirilis di Jepang (5 album studio dan 1 album kompilasi) berhasil menempati urutan nomor satu tangga album Oricon.

  • TVXQ!
TVXQ, yang merupakan singkatan dari Tong Vfang Xien Qi (bahasa Tionghoa:東方神起), adalah grup pop asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2003 dibawah manajemen SM Entertainment. Penulisan nama mereka sering juga dimodifikasi menjadi TVXQ!. Di Korea Selatan, mereka dikenal dengan nama Dong Bang Shin Ki (bahasa Korea:동방신기), atau sering juga disingkat menjadi DBSK; dan di Jepang, mereka dikenal dengan nama Tohoshinki(bahasa Jepang:東方神起). Arti dari nama mereka dalam 3 bahasa semuanya berarti “Dewa-Dewa yang Terbit dari Timur”.
Grup ini memulai debutnya pada tahun 2003 dengan 5 anggota yang terdiri dari leader U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Pada Juli 2009, 3 anggota TVXQ (Jaejoong, Yoochun, dan Junsu) menuntut manajemen Korea mereka,SM Entertainment, ke meja pengadilan. Hal ini menyebabkan segala aktivitas publik dan kemunculan TVXQ setelah tahun 2009 terhenti. Setelah sempat hiatus selama 2 tahun 3 bulan, TVXQ kembali muncul ke dunia industri musik sebagai duo yang terdiri dari Yunho danChangmin.
TVXQ merupakan salah satu artis Asia tersukses yang pernah ada. TVXQ telah diberi gelar sebagai “Bintang Asia” dan “Raja Korean Pop dan Hallyu Wave” dikarenakan oleh kesuksesan dan kontribusinya yang begitu besar terhadap Korean pop. Semenjak debut mereka, TVXQ telah merilis 5 album Korea, 5 album Jepang, hingga lebih dari 20 singel Korea dan 30 singel Jepang. Berdasarkan tangga lagu musik Gaon, hingga Maret 2012, TVXQ telah berhasil menjual lebih dari 10,1 juta kopi album, singel, dan DVD selama karir mereka di Korea dan Jepang, dan ini tidak termasuk penjualan album dari negara lainnya di Asia maupun internasional. Setelah memperoleh popularitas yang begitu besar, TVXQ juga disebut-sebut telah menjual lebih dari 20 juta kopi album, singel, DVD, hingga buku terbitan mereka sendiri di seluruh dunia. Ini membuat TVXQ menjadi artis Korea tersukses di Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. Album TVXQ, Best Selection 2010 telah memecahkan berbagai rekor sebagai artis asing pria pertama yang berhasil meraih angka penjualan sebanyak 700.000 di Jepang. TVXQ memiliki dua fanclub resmi di Korea dan di Jepang, yang dikenal baik dengan nama Cassiopeia dan BigEast, dimana fanclub ini pernah tercatat dalam Guinness World Record pada tahun 2008 dikarenakan oleh jumlah anggotanya yang begitu banyak dan dikenal sebagai salah satu fanclub terbesar di dunia dengan 1,5 juta fans di Asia dan 5,5 juta di seluruh dunia.
YUNHO

CHANGMIN

  • SUPER JUNIOR
Super Junior (Korea: 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Super Junior)(Korea: 슈주), merupakan sebuah boyband yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Super Junior merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialahSuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005. Pada tahun 2010, hanya ada 10 anggota yang aktif, 4 orang diantaranya yaitu Hangeng memiliki masalah hukum dengan SM Entertainment sehingga menyebabkan HanGeng keluar dari Super Junior (sekarang bersolo karier di kancah hiburan Mandarin-Pop), KangIn dan Pada tahun 2011 ,Heechul meninggalkan grup sementara waktu untuk melaksanakan wajib militer, dan Kibum yang juga absen dikarenakan fokus pada karier seni perannya. Namun, anggota lain bersikeras bahwa 3 anggota tersebut (Kangin, Kibum dan HanGeng) masih merupakan bagian dari Super Junior, mereka juga menyebutkan bahwa mereka sangat sedih dengan kepergian HanGeng dari grup.
Super Junior sub-unit pertama, balada-menyanyi trio Super Junior-KRY, memulai debutnya pada tanggal 5 November 2006 dengan pertunjukan lagu Hyena tema “The One I Love”.kedua sub – unit tiba pada bulan Februari 2007 yang disebut Super Junior-T. Yang berlari-kelompok bernyanyi merilis single pertama mereka “Rokkugo” di 23 Februari 2007. Pada tanggal 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-unit ketiga Super Junior,Super Junior-M, sebuah subkelompok yang ditujukan untuk pasar Cina. Sementara pembentukan subkelompok singkat menciptakan kontroversi di antara para penggemar dan manajemen di karenakan SM Entertainment menambahkan 2 personil baru asal Cina yaituZhoumi dan Henry, Super Junior-M menjadi sebuah kesuksesan fenomenal di Cina. Sub-unit keempat Super Junior ini terbentuk pada tahun yang sama untuk mencegah Super Junior dari menghilang dalam industri musik Korea. Dengan lima anggota dari Super Junior-T dan Yesung, mereka membentuk subkelompok, Super Junior-Happy. Super Junior-Happy merilis EP “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008. Pada November 2008, Super Junior-T kembali, kali ini sebagai kelompok bernyanyi di Jepang, yang disebut SuperJunior-TxMoeyan; Moeyan menambahkan grup ini, seorang wanita yang terkenal dua kelompok komedi di Jepang.“ROCK & GO”, sebuah bahasa Jepang versi “Rokkugoh!!”.
LEETEUK
HEECHUL
HANGENG
YESUNG
KANGIN
SHINDONG
SUNGMIN
EUNHYUK
DONGHAE
SIWON
RYEOWOOK
KIBUM
KYUHYUN
ZHOUMI
HENRY

  • GIRLS’ GENERATION / SNSD
Girls’ Generation (소녀시대 atau So Nyeo Shi Dae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka terdiri dari sembilan anggota:Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Penggemar juga sering menyebut mereka sebagai SNSD, singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea.
Grup ini mulai dikenal di awal karirnya lewat lagu-lagu seperti “Into the New World”, “Kissing You”, dan “Baby Baby”. Mereka meraih popularitas besar pada tahun 2009 lewat lagu “Gee”, “Gee” juga dinamai sebagai song of the decade oleh situs musik Korea, Melon. Video klipnya di YouTube telah ditonton lebih dari 75 juta kali sampai dengan akhir Mei 2012, menjadikannya video K-pop yang paling banyak ditonton di situs tersebut. Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti“Tell Me Your Wish (Genie)”, “Oh!, “Run Devil Run”, “Hoot” dan “The Boys”.
Girls’ Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records, bagian dari Universal Music, dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka “Tell Me Your Wish (Genie)” dan “Gee” dan merilis album studio Jepang pertama mereka, Girls’ Generation pada 2011.
TAEYEON
JESSICA
SUNNY
TIFFANY
HYOYEON
YURI
SOOYOUNG
YOONA
SEOHYUN

  • SHINee
Shinee (umumnya ditulis sebagai SHINee, (ˈʃaɪniː “shiny“) adalah boy band Korea Selatan yang beraliran R&B kontemporer. Dibentuk SM Entertainment pada tahun 2008, Shinee terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Nama SHINee merupakan kombinasi dari shine dan ee yang berarti “menerima cahaya” atau “menerima perhatian”.
Shinee memiliki acara realitas sendiri yang diproduksi berdasarkan tema lagu “Noona Neomu Yeppeo (Replay)”. Mereka juga populer di kalangan generasi muda dengan gaya berbusana mereka. Kostum yang dikenakan Shinee dirancang desainer Ha Sang Baek (하상백). Sepatu kets hingga mata kaki, jins ketat, dan baju hangat berwarna-warni. Kalangan pelajar meniru gaya berpakaian Shinee yang disebut media massa sebagai “tren Shinee”. Shinee sering dipakai untuk mengiklankan berbagai produk, termasuk produk busana Smart, kosmetik Nana’s BReebok, dan ayam goreng cepat saji Mexicana.
ONEW
JONGHYUN
KEY
MINHO
TAEMIN
  • f(x)
f(x) (Korean:에프엑스) adalah grup vokal asal Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment. Grup ini beranggotakan lima orang yang terdiri dari Victoria, Luna, Amber, Sulli dan Krystal. Namanya adalah plesetan dari notasi matematika untuk fungsi, dan ketika input dengan berbeda ‘x’, akan ada hasil yang berbeda. F singkatan flower dan x merupakan kromosom double x betina. f (x) berusaha untuk menjadi jenis kelompok gadis yang dapat mengubah dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Anggota kelompok juga telah dijuluki “function girls”. Kelompok ini membuat debut mereka pada tanggal 1 September 2009 dengan merilis digital single “La Cha Ta”.
VICTORIA
AMBER
LUNA
SULLI
KRYSTAL
  • EXO
EXO (Hangul: 엑소) adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Nama mereka diambil dari kata exoplanet, sebuah istilah untuk menyebut planet di luar Tata Surya. Singel debut mereka, “Mama”, dirilis pada 8 April 2012, disusul oleh peluncuran album pertama Mama pada 9 April 2012. EXO-K terdiri atas Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O, Kai, Sehun. Sedangkan EXO-M terdiri dari Kris, Xiumin, Luhan, Lay, Chen, Tao.
EXO-K
EXO-M
SM ENTERTAINMENT ARTIST :

 source :  http://amellia08.wordpress.com/2012/10/31/tugas-periode-ii-s-m-entertainment/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates